Electrolux Attack Care
Electrolux Attack Care
Nov 27, 2019

Jangan Pakai Ulang Pakaian Olahraga Tanpa Dicuci! Ini Efek Buruknya

Memakai pakaian yang tepat untuk olahraga pasti membuat Smart Mom makin bersemangat, ya? Apalagi sekarang sudah banyak clothing line yang secara khusus menyediakan pakaian untuk kegiatan tersebut. Saking nyamannya, beberapa orang mengenakan pakaian tersebut berulang kali dan tak dicuci dalam jangka waktu tertentu.

Kenyataannya, Smart Mom, kebiasaan tersebut tak sehat, baik untuk tubuh maupun lingkungan. Bagaimana bisa? Apa yang membuat pakaian olahraga harus segera dibersihkan?

Reaksi tubuh terhadap pakaian saat berolahraga

Ketika berolahraga, Smart Mom pasti akan mengeluarkan keringat dalam jumlah tertentu. Keringat pada dasarnya memang tak berbau, begitu yang dikatakan Kay Obendorf Ph. D, profesor emeritus ilmu serat dari Universitas Cornell. Penyebab bau yang dikeluarkan berasal dari sebum serta bakteri yang mengalami kontak dengan keringat.

Peningkatan suhu tubuh serta kelembaban dari keringat pun akan dijadikan tempat yang nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak. Dengan kata lain, sumber atau pemicu bau tadi akan diserap pakaian olahraga yang dirancang mudah menyerap keringat. Berdasarkan penelitian dari Universitas Ghent di Belgia, pakaian berbahan polyester dan spandek adalah jenis yang paling banyak menyerap keringat.

Dari pemaparan di atas, sudah jelas, kan, kalau pakaian olahraga tanpa Smart Mom sadar dapat menjadi tempat berkumpulnya bakteri bila tak dicuci dalam waktu lama? Jadi, apa Smart Mom masih mau membiarkannya kotor dan basah akibat berkeringat setelah berolahraga?

Mencuci pakaian olahraga dengan detergen anti-bau

Tak sampai di situ, Smart Mom. Selain menjadi penyebab bau, kotoran dan keringat yang menempel pada pakaian olahraga dapat menimbulkan noda kekuningan yang sulit dibersihkan. Noda kuning pula yang akan membuat permukaan pakaian terasa lebih kasar dan berdampak buruk pada kulit.

Arielle Nagler, MD, asisten profesor dermatologi dari NYU Langone Health, pun mengatakan noda tersebut berisiko memicu gatal, ruam, hingga iritasi kulit. Pakaian yang jarang dicuci juga dapat menimbulkan jerawat.

Lantas, bagaimana cara merawat pakaian olahraga yang sepatutnya Smart Mom terapkan? Ternyata, tak seperti pakaian sehari-hari, jenis pakaian ini sebaiknya diperlakukan seperti pakaian dalam. Smart Mom perlu merendamnya dulu dengan detergen untuk melenyapkan bakteri yang jadi penyebab bau tak sedap.

Supaya pakaian olahraga kesayangan Smart Mom semakin awet, gunakan detergen berkualitas seperti Attack Anti Bau. Formula MaxPower dari detergen tersebut akan mengusir kotoran hingga bau yang dikeluarkan akibat kontak keringat dengan bakteri. Kemudian, bersihkan ke dalam Electrolux UltimateCareā„¢. Dengan fitur Vapour Care yang dimiliki oleh mesin cuci ini bisa membunuh allergen hingga 99.9%. Jadi, pakaian olahraga punya Smart Mom akan kembali segar dan nyaman saat dikenakan untuk sesi selanjutnya.

Share artikel

Artikel Terkait